Selasa, 08 Mei 2018

Evaluasi Kehadiran dan Capaian Kinerja PNS Sistem e-SKP Kuartal 1 Tahun 2018

Dengan ini kami laporkan Evaluasi Kehadiran dan Capaian Kinerja PNS Sistem e-SKP Bulan Januari s.d April 2018  di Lingkungan PPPPTK Penjas dan BK yaitu :

  1. Persentase pengisian Capaian Kinerja PNS melalui Sistem e-SKP Kemdikbud khusus satker PPPPTK Penjas dan BK adalah 99 % (Seluruh Pegawai telah mengisi sesuai jadwal telah ditetapkan, Subbag Tatalaksana dan Kepegawaian, Bagian Keuangan Ditjen GTK dan Biro Kepegawaian), adalah suatu yang sangat membanggakan karena bersamaan dengan penilaian hal tersebut pengajuan dan sampai dengan pencairan Tunjangan Kinerja TA 2018 Kuartal 1 berjalan sangat baik dan dibayarkan sesuai standar POS yang telah disepakati dengan Ditjen GTK.
  2. Memasuki pertengahan Tahun atau pada kuartal 1, persentase Kehadiran terjadi Penurunan, hal ini terjadi dikarenakan banyak PNS dilingkungan P4TK Penjas dan BK terlibat di kegiatan Internal ke daerah-daerah sesuai dengan target PPPPTK Penjas dan BK pada tahun 2018 yaitu penuntasan Kurikulum 2013 dan Kegiatan - kegiatan Bimtek, Workshop, Sosialisasi, Diklat Kompetensi, dan lain-lain dari Unit Utama dalam hal ini Ditjen GTK atau lainnya. Hal itu mengakibatkan PNS banyak yang mengambil Cuti Tahunan, Cuti Sakit dll. 
  3. Kedisplinan PNS adalah Hal yang Mutlak yang wajib dijalankan sesuai dengan PP 53 Tahun 2015 tentang Disiplin PNS. Pada kuartal 1 ini dapat kami laporkan bahwa ada beberapa PNS dilingkungan PPPPTK Penjas dan BK mendapatkan surat peringatan 70% karena Akumulasi Jam Kerja, 30% karena keterangan Alpha dan Lupa Absen, dan rekap kedisiplinan tsb sudah disampaikan ke Atasan Langsungnya agar segera memberikan peringatan. Hal tersebut dilakukan agar PNS tersebut tidak mengulangi pelanggaran disiplin yang telah terekap di Subbag tatalaksana dan Kepegawaian. Masing-masing Stakeholder dan PNS dapat memantau kedisiplinannya melalui laman kehadiran.sdm.kemdikbud.go.id/kehadiran/ dan laman http://43.247.33.146 (MAO Tukin).
  4. Kendala yang dihadapi dalam Mengelola Tunjangan Kinerja Tahun 2018 terjadi peningkatan walaupun belum terlalu signifikan dan masih sama dengan kendala TUKIN 2017, yaitu ada beberapa PNS tidak segera mengisi surat keterangan ketidakhadiran sehingga mengganggu dalam merekapitulasi kehadiran, Pengisian Capaian Kinerja Bulanan untuk beberapa PNS masih harus selalu diingatkan oleh Subbag Tatalaksana dan Kepegawaian, dan yang terakhir adalah Penyampaian Surat Tugas Kegiatan Internal yang belum final (masih banyak perubahan/pergantian) sehingga beresiko ada kesalahan dalam Rekapitulasi Kehadiran.
Banyak hal yang membuat pengelolaan Kehadiran dan Tunjangan Kinerja ini sangat rentan dan beresiko tinggi terjadi kesalahan yaitu dari segi PNS itu sendiri, Pimpinan dan Bawahan di Unit Kerja masing-masing, operator atau petugas yang mengelolanya, dan juga sistem pengelolaannya. Melihat hal tersebut Subbag Tatalaksana dan Kepegawaian selalu berupaya agar Sistem  Pengelolaan Kehadiran dan Tunjangan Kinerja selalu berjalan dengan baik, kami mengharapkan kontribusi seluruh PNS untuk menjaga dan memperkuat culture yang telah terbentuk dengan menjaga hubungan baik antara Pimpinan dan Bawahan, sesama pimpinan dan selalu menerapkan Sistem Manajemen Resiko pada setiap pekerjaan dan kegiatan yang dilaksanakan dan diikuti, selalu mengutamakan aturan dan SOP yang berlaku bukan membuat aturan sendiri, dan selalu Jujur dan berintegritas dalam melaksanakan segala sesuatu.
Harapan tersebut memiliki andil besar agar terciptanya sistem kehadiran dan capaian kinerja PNS yang objektif, jujur, akuntabel dan berintegritas sesuai visi dan misi PPPPTK Penjas dan BK.

aplikasi MAO TUKIN dilaman http://43.247.33.146/login (username dan password NIP) 
Aplikasi Kehadiran Kemdikbud, http://kehadiran.sdm.kemdikbud.go.id/kehadiran/ (username NIP, password 12345).

Demikian Laporan yang dapat kami sampaikan, terimakasih.

@Operator Tunjangan Kinerja dan Kehadiran PNS
SUBBAG TATALAKSANA DAN KEPEGAWAIAN


Berikut ini adalah Grafik tingkat kehadiran PNS di lingkungan PPPPTK Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling Bulan Januari 2018 s.d. April 2018