Selasa, 12 Mei 2015

Satu Layanan: Portal Informasi Layanan Publik Pertama di Indonesia

Satu Layanan: Portal Informasi Layanan Publik Pertama di Indonesia

Satu Layanan: Portal Informasi Layanan Publik Pertama di Indonesia teman - teman semua, pernah berusaha mencari informasi layanan publik seperti persyaratan pengurusan akte yang hilang, surat nikah atau layanan publik yang lain tapi kesulitan mendapatkan informasi yang lengkap dan valid? Ada sebuah portal unik nih, namanya www.satulayanan.id 

Satu Layanan adalah portal dibangun untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan informasi layanan publik. Sistem Informasi Layanan Publik atau disingkat dengan SatuLayanan (satulayanan.net) merupakan sistem informasi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada publik dalam mendapatkan informasi mengenai layanan-layanan publik yang ada di Indonesia. Satulayanan merupakan bentuk nyata komitmen Pemerintah Indonesia dalam mendukung pemerintahan terbuka melalui transparansi informasi pelayanan publik.

Saat ini portal Satu Layanan memiliki 111 modul layanan yang berasal dari 11 institusi, 1 komunitas dan 2 akademisi. Modul-modul dalam portal satu layanan dibuat sedemikian rupa dalam beberapa kategori agar masyarakat mudah menemukan informasi yang dibutuhkan. Misalnya dalam kategori “Rumah Tangga” masyarakat bisa mengakses modul Informasi Air, Informasi Telepon, Informasi Listrik, Informasi Nomor Telepon Penting, Informasi Harga Kebutuhan Pokok dan Informasi yang berhubungan dengan rumah tangga lainnya.

Saat ini portal Satu Layanan telah mendapat sambutan luas masyarakat. Berbagai usulan perbaikan dan penambahan modul juga terus mengalir dari masyarakat.

Satu Layanan sendiri merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah yang dimotori oleh Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) dibantu beberapa instansi lainnya, BUMN, Akademisi, sektor swasta, dan juga para relawan.

Barangkali teman-teman perlu informasi mengenai layanan publik, silakan langsung aja meluncur ke www.satulayanan.id